Arti dari Huruf Pada Transmisi Automatic

tuas matic toyota

Berkendara menggunaan transmisi automatic memang sangat menyenangkan untuk saat ini, teruatama bagi mereka yang sering terkena macet. Orang bilang naik mobil matic udah kayak naik mobil mobilan, tinggal gas rem sampe.. Tapi ternyata ada informasi yang seharusnya kita ketahui, yaitu maksud dan arti dari huruf yang ada di persenelingnya.

P atau Park

Kita menempatkan tuas pada posisi Park ini adalah hanya saat parker. Karena pada posisi ini, mekanisme transmisi akan mengunci, termasuk roda menggerak juga akan mengunci seperti di mengginakan rem parkir. Pada kebanyakan mobil sekarang memberikan kemananan yaitu kunci kontak hanya bisa dicabut jika shifter pada posisi Park. Jadi memastikan kendaraan terparkir sempurna baru anda bisa mencabut kunci dan meninggalkan kendaraan.

R atau Reverse

Pada posisi ini, transmisi akan menggerakan gear reverse yaitu untuk bergerak kebalikan, maka mobil kita bisa mundur. Pada posisi ini kendaraan kita tidak bisa terlalu cepat, karena memang hanya ada 1 kecepatan dengan rasio yang sudah ditentukan.

N atau Netral

Pada posisi ini transmisi tidak memberikan pergerakan apa apa tapi tidak juga mengunci roda seperti halnya pada posisi Park. Jadi jika hanya untuk berhenti sebentar atau di lampu merah, sebaiknya pindahkan dari posisi D ke posisi netral dan rem tangan, menghindari tidak sengaja rem kita kendirkan dan mobil bergerak sendiri.

D atau Drive

Padap posisi ini kendaraan akan bergerak maju dan perpindahan gigi akan sesuai dengan kecepatan. Untuk transmisi automatic dengan 4 kecepatan, perpindahan nya adalah 1 – 2 – 3 – 4. (yang mana gear 4 adalah biasanya gear overdrive yang fungsinya adalah menurunken putaran mesin saat kecepatan tinggi) dengan tujuan hemat bahan bakar.

D3

Pada posisi ini percepatan hanya akan sampai gear 3, tanpa overdrive. Sebenarnya kondisi ini sama dengan jika kita menekan tombol overdrive untuk mematikannya.transmisi matic segaris

2

Pada posisi ini percepatan hanya akan sampai ger 2, ini digunakan biasanya saat melintasi perbukitan yang banyak tanjakan dan turunan. Karena dengan begitu kendaraan akan kuat menanjak dan turun menggunakan engine brake.

L

Pada posisi ini menempatkan transmisi pada transmisi paling bawah. Digunakan jika benar benar menghendaki power yang kuat untuk menggerakan mobil seperti tanjakan curam.

Pada kendaraan modern, ada teknologi yang membuat transmisi Automatic bisa dikendalikan seperti halnya tranmisi manual, seperti tiptronik, atau pindah ke mode sport. Tinggal pindahkan shifter ke posisi Sport lalu menaikan atau menurunkan gear dengan mengeser shifter ke arah + atau –, menyenangkan ya…

Keterangan di atas adalah umumnya tanda yang terdapat pada transmisi automatic. Tanda ini mungkin berbeda pada kendaraan yang ana miliki. Untuk lebih jelasnya, Baca buku pedoman pemilik kendaraan sebelum mulai berkendara, karena akan dijelaskan lebih lengkap.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Overdrive pada transmisi Automatic

  Saat ini transnisi otomatis pada kendaraan roda 4 tidak hanya dikuasai oleh kaum hawa, kalau dulu, ada istilah 'men...

Close