Cari Replacement Turn Signal Relay untuk Mercy Tiger

Mencari Parts untuk mobil tua sedikit perlu perjuangan. Memang kalau kita ke tempat junkyard ada parts secondnya atau bahkan ke tempat onderdil, ‘mungkin’ masih ada barunya. Tapi Justru disitulah letak keunikannya bagaimana saya yang hanya pengguna mulai belajar ngulik supaya kendaraan tua ini bisa berfungsi normal tanpa menghilangkan fungsi2 dasar komponen tertentu.

Sering pemilik mercy tua seperti mercedes-benz w123 (mercy tiger) atau w115 (mercy mini) atau yang lain, sering punya masalah dengan blinker  atau flasher. masalah ini timbul bila kita mengaktifkan sen kanan, kiri atau hazard, yang seharusnya bekedip terus namun berhenti berkedip dan nyala manteng lampu seinnya. Nah ini tanda – tanda kalau flasher relay sudah mulai minta diperhatikan. Awal pengecekan pasti di bersihkan Tombol Hazzardnya, karena banyak mobil mercy tua flasher relay berada menyatu dalam tombol hazzard. ada juga yang modelnya terpisah. Kebetulan yang saya punya model yang terpisah. jadi saklar hazzard dan relay atau flasher merupakan komponen yang terpisah.

w123-flasher-relay---1

Awalnya saya berpikir untuk mencari parts ini ke toko onderdil langganan di Cipete tau di BTC bintaro. tapi seiring dengan waktu lupa karena kadang kadang saja ngadatnya. Belajar dari benerin Jam dashboard di mercy tiger, masalah hanya pada kapasitor yang sudah ketuaan, dalam menyimpan daya nah kemungkinan hal yang sama terjadi juga dalam kasus ini. jadi tinggal ganti kapasitor yang harganya antara Rp. 1500 – Rp.2000,- tapi hal ini juga belum sempat dilakukan. akhirnya terpikir untuk mencari solusi lain dengan mengganti dengan flasher relay milik mobil2 kebanyakan. saya pilih flasher punya toyota starlet dengan 3 kaki karena memiliki fungsi yang mirip untuk tiap2 kakinya.

Flasher Standar

Awalnya terpikir seperti ini karena seharusnya metodenya sama. tapi karena ini mobil tua jadi mesti bener2 dilihat diagram kelistrikannya. kebetulan saya memiliki mercedes-benz w123 service manual, jadi bisa lihat referensi dalam utak atiknya. Gunanya untuk memastikan yang kita kerjakan adalah hal yang benar bukan mengira2 apalagi mengikuti perasaan. Jadi dalam diagram terihat ada 3 pin dalam relay w123 yang asli yang tertulis 31, 49 dan 49a.

DIagram Flasher Mercedes-benz w123

Mercedes-benz w123 Turn Signal Diagram

 

w123-flasher-relay---2

MErcedes-benz w123 turn signal relay pin

 

cari2 informasi di internet dan berdasarkan buku manual akhirnya Blinker w123 relay bisa ketauan setiap pinnya untuk apa.  31 adalah Ground, 49 adalah Battery dan 49a adalah load yang tentunya adalah lampu sein dan saklar hazzard.

Flasher sen mobil jepang ternyata tidak terlalu berbeda untuk yang 3 pin. namum nama setiap pinnya berbeda. E untuk earth (ground), B untuk Battery dan L untuk Load.

MErcedes-benz flasher replacement

jadi tinggal dibuat konector yang pas supaya mobil bisa pake relay yang umum di pasaran. saya pribadi pakai terminal merek utilux yang cukup banyak di pasaran harganya juga cukup murah.

terminal pipih cewek Terminal bulat cowoklalu dibuat seperti ini

kabel

 

hasilnya seperti pada video ini..

 

lumayan.. sharing pengalaman siapa tau ada yang punya masalah sama… 🙂

sharing is caring

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Cara membuat Roti Kurma

Punya kelebihan buah kurma yang dibeli saat bulan puasa?, selain dikonsumsi biasa juga bisa dibuat makanan lain.. kebetulan di rumah...

Close