Mobil matic parkir paralel? ya bisa aja

Ini merupakan pengalaman pribadi saat mengendarai mobil bertransmisi otomatis pertama kali. Pas bawa emang nyaman banget, tapi pas mau parkir paralel sempet bingung, karena kan harus posisi netral supaya mobil bisa didorong oleh tukang parkirnya atau oleh orang yg kebetulan kehalang sama mobil kita. nah yang bikin bingung itu saat mau nyabut kunci mobil. ternyata produsen mobil membuat sistem keamanan untuk kita bahwa kunci hanya bisa dicabut jika mobil dalam keadaan parkir sempurna atau bisa dikatakan tuas shifter berada di posisi “P” atau park.

shift lock 3

Nah ternyata ada trik supaya kita bisa nyabut kunci dan posisi shifter ada di posisi N. Caranya ternyata mudah saja, jadi di beberapa kendaraan yang menganut sistem kunci dicabut hanya posisi P, ada yang namanya “Shift Lock”. Ini beda sama tombol yang di tuas untuk berpindah gear dari P dari dan ke R, N ke R atau 2 ke L. itu tombol untuk mengamankan agar kita nggak kebablasan gerakin shifter. nah kalau Shift Lock yang ini khusus supaya Shifter bisa di pindahkan ke posisi lain selain P dalam kondisi mesin mati dan kunci sudah dicabut.

shift lock 2

untuk yang menggunakan tombol, tinggal tekan tombol “Shift Lock” ini di barengi dengan memindahkan Shifter dari P ke Posisi lain. nah untuk beberapa mobil honda, kebetulan yang saya gunakan mobil Honda City yang kebetulan sama dengan Mobilio. caranya masukan kunci ke lubang di sebal shifter. lalu tekan dan barengi dengan memindahkan tuas Shifter ke posisi lain. atau ke N.

shift lock 1

Ternyata mudah sekali.. jadi jangan takut untuk parkir paralel ya..

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Arti dari Huruf Pada Transmisi Automatic

Berkendara menggunaan transmisi automatic memang sangat menyenangkan untuk saat ini, teruatama bagi mereka yang sering terkena macet. Orang bilang naik...

Close