Overdrive pada transmisi Automatic

 

Saat ini transnisi otomatis pada kendaraan roda 4 tidak hanya dikuasai oleh kaum hawa, kalau dulu, ada istilah ‘men use three pedals’ . Sebenernya transmisi manual di senangi karena pengoperasiannya, transmisi manual lebih murah untuk maintenancenya dan pengendalian mobil bisa lebih responsif. Tapikini karena kendaraan roda 4 sudah makin banyak, transmisi automatic menjadi pilihan utama karena bisa mengurangi capenya mengendarai transmisi manual saat macet.

transmisi matic segaris

Teknologi transmisi otomatis pun semakin maju, namun ada beberapa kesamaan pada beberapa kendaraan, terdapat tombol “Overdrive”. Sebenernya sangat mirip kerjanya dengan Gigi 5 kalau di transmisi manual. jadi putaran pada transmisi lebih cepat daripada putaran pada mesin. Gunanya adalah untuk menghemat bahan bakar pada saat kecepatan tinggi. Ada pula seperti contohnya Toyota Innova Automatic, tidak terdapat tombol Overdrive, namun pada posisi “D” tuas bisa di geser ke kanan, menandakan overdrive dimatikan.

tuas matic toyota

Secara ‘default’ atau kondisi normal, Overdrive ini dalam keadaan menyala. jadi transmisi atau percepatan berpindah dari gear 1 – 2  – 3  – 4, dengan asumsi gear 4 adalah gear overdrive. Nah jika tombol overdrive ini ditekan, percepatan hanya berpindah dari 1 – 2 – 3. terasa jika kendaraan dipacu putaran mesin akan lebih tinggi.

Kapan overdrive ini dimatikan? Saat kita ingin mobil lebih bertenaga sat ingin mendahului kendaran di depan kita secara cepat atau pada saah kita menanjak atau menurun,  overdrive ini bisa dimatikan. namun setelah selesai mendahului dan kecepatan normal lagi, segera kembalikan fungsi overdrivenya. karana saat dimatikan, transmisi akan mematikan 1 fungsi solenoid yang akhirnya gear akan berpindah dari posisi 4 ke posisi 3, yang efeknya mobil akan memiliki cukup tenaga untuk mendahului atau menanjak. Efek yang sama jika menekan pedal gas lebih dalam, atau ada istilahnya ‘kickdown’. pada saat pedal ditekan, maka tekanan fluida pada transmisi akan naik mengakibatkan solenoid memindahkan ke posisi gear di bawahnya.

Bagaimana mengetahui overdrive kita sedang nyala tau tidak? umumnya ada lampu indikator di dashboard mobil, dengan kode umumnya ” O/D Off “. nah basanya indikator ini akan menyala kalau overdrive dimatikan. jadi mengingatkan pengemudi kalau sedang dalam mode 3 speed.

transmisi od off

Jadi nyetir mobil dengan transmisi automatic pin bisa serasa nyetir mobil manual kan.. tinggal kita menyesuaikan dengan karakter mobilnya.

semoga bermanfat..

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Perlukah Menggunakan Radiator Coolant?

Sesuai dengan namanya Radiator coolant adalah untuk menjaga supaya suhu mesin tetap pada kondisi normal dengan cara membuat lebih dingin...

Close