Pengalaman Ganti Waterpump Mercedes-Benz W123 atau Mercy Tiger dengan Mesin M110

Mungkin kejadian ini jarang banget terjadi, mestinya kalau rajin perawatannya dan diperiksa sama motir / bengkel yang kompeten, pasti bisa dihindari. Karena dengan pengecekan, biasanya bisa diperkirakan keusan komponen mobil mana yang harus segera diganti tanpa menunggu rusak telebih dahulu. Pasalnya adalah saat di tol Bintaro, tengah perjalanan pulang, mercy tiger saya mendadak lampu indicator nyala semua, sama seperti kalau mau di start pertama kali, posisi kunci kontak sudah on. waduh… gimana ini.. nggak lama temperature mesin naik ke over heat, pelan tapi pasti…

Untungnya jarak ke gerbang tol pondok aren sudah nggak terlalu jauh, jadi saya paksa jalan terus yang saya rasa udah tahap overheat.. saat mendekati berhenti, mesin langsung mati.. akhirnya dengan dibantu oleh dorong dibantu salah seorang petugas tol yang baik hati, sampai deh di pos polisi, mobil dibiarkan agak dingin dulu beberapa lama, baru di chek.. ternyata belt yang menghubungkan crack pulley – water Pump – Alternator keluar dari jalurnya.

Aneh banget kan ya… periksa punya periksa.. eh ternyata posisi waterpump udah miring, pas digerakin kok goyang.. waduh.. bearing dan seal yang ada di water pump ini yang udah jebol.. makanya beltnya lepas.. pasrah…

Dengan bantuan perugas polisi di pos, dipanggilin mobil Derek gendong buat pulang.. Oh iya, FYI aja nih, mobil Derek ada 2 macem, yang di tarik, jadi bagian depan atau belakang mobil saja yang diangkat, dan mobil Derek gendong, mobilnya di bawa di atas mobil Derek ini.. karena mobil matic jadi disarankan menggunakan mobil Derek gendong, tapi kalau seandainya pakai Derek yang ditarik, pastikan penggerak roda yang diangkat, misalnya mercy tiger kan penggerak belakang, jadi bagian belakang yang diangkat dan ditarik. Kalau seperti ford escape 2wd atau sedan2 kecil yang biasanya penggerak depan, ya bagian depan yang diangkat. Tujuan utamanya agar transmisi matic nya tidak rusak.

 

Singkat kata akhirnnya sampai di rumah.. dan.. di diemin dulu deh sampe abis lebaran, Karena pas kejadian ini pas banget seminggu sebelum lebaran, jadi para montir2 yang biasa dihubungi sedang pada mudik.. ya sudah, gpp..

Persis setelah lebaran, baru deh mulai dikerjain. Itu juga ngerjain sendiri, karena tantangan juga nih.. masa sih nggak bisa.. gitu aja mikirnya… kebetulan Water Pump penggantinya sudah dibeli keesokan hari setelah kejadian.

IMG_20170708_140357_HDR

Step by step cara mengganti water pump mercy tiger sudah diikuti sesuai dengan manual booknya..

  1. buka radiator ( supaya lebih lapang bekerjanya ) (buka selang air dan oil cooler matic)
  2. buka visco fan
  3. buka semua belt, belt compressor ac, dan belt power steering pump
  4. buka harmonic balancer (ada di pully utama mesin) karena baut ke-5 water pump terhalang oleh balancer ini.
  5. Setelah terbuka, baru bisa dilepas waterpumpnya.
  6. Untuk pemasangan, lakukan urutan sebaliknya..

 

Masalah timbul saat membuka baut harmonic balancer, karena baut ini agak ke dalam, jadi lihatnya menggunakan perasaan. Bautnya sendiri adalah jenis Hex- Bolt (Allen Bolt). Bukanya juga menggunakan kuci hex ukuran 6mm. Ada satu dari enam Allen bolt ini sudah tidak normal, bentuknya sudah hampir membulat.. dan.. benar. Akhirnya bener2 jadi bullet dan nggak bisa diputar…

Gambar Allen bolt :

Allen Bolt

Karena sebel akhirnya di-diemin lagi deh.. beberapa hari, mesti cari cara untuk buka baut ini.. sebenarnya ada yang namanya bolt extractor, gunanya untuk membuka baut yang sleck atau patah di dalam. Tapi menggunakannya dengan di bor dan di ketok untuk bisa masuk.. kalau ini dilihat dari posisinya wah.. sepertinya cukup sulit… akhirnya menggunakan mini grinder. Pokoknya menggunakan alat yang tersedia dulu di rumah deh…Cukup memudahkan karena ada selang flexiblenya. Tapi ini juga mengalami kendala.. kabel sling dalam flexiblenya putus.. hik hik… tapi ya mesti akal akalan deh gimana caranya supaya pulley dan balancer ini lepas..

Di artikel ini ya… http://wp.me/p5sP1Q-dq

Setelah akhirnya terbuka lepas juga bagian kepala baut ini, pulley dan balancernya bisa di lepas…

Allen Bolt yang dipotong

BAlancer dan pulley m110

Alhamdulillah, memang ternyata kuncinya itu adalah sabar dan terus dikerjakan. Ada yang bilang, tidak ada pekerjaan yang sia sia. kerja keras itu tidak akan menghianati.. selama terus dikerjakan, pasti ada hasilnya.

itu belum selesai, baut yang sisa nempel di crank juga mesti dilepas.. IMG_20170708_160827_HDRIMG_20170708_160814_HDR

karena posisi cukup sulit, pakai tang buaya, sama kunci pipa agak sulit juga. akhirnya terpikir untuk di ratakan di beberapa sisi seperti sampai hampir berbentuk bujursangkar menggunakan mini grinder, lalu menggunakan alat yang biasa untuk senai.. alhamdulillah bisa di puter… gambar di bawah, menunjukan bagaimana bentuknya tapi difoto setelah dikeluarkan….

IMG_20170709_105945 IMG_20170709_110214

 

Begitu terbuka langsung semangat deh ngerjainnya, langkah pertama setelah terbebas ya pasti buka water pump lama, bersihkan sedikit yang dibagian mesin, dtrus pasang water-pump baru. Old and new m110 waterpump

IMG_20170708_160859_HDR

Nggak lupa di oleskan sealant di paking bagian dalam dan luar biar dipastikan nggak ada bocor… abis itu, saya hunting baut pengganti yang jenis dan kekuatannya sama.. karena mungkin masih suasana lebaran jadi belum banyak toko yang buka, Alhamdulillah bautnya dapat, walaupun lebih panjang, mesti dipotong dulu biar aman. Sekalian beli v-belt yang baru untuk power steering dan ac.

 

Besok paginya mulai dikerjain lagi, mulai pasang harmonic balancer, semua belt, pasang ulang radiator, sambungan oil cooler transmisi, selang radiator dan… test… eh kok masih overheat ya?? Periksa lagi sana sini..Wah wah.. ini mah thermostat yang macet… akhirnya mesti lepas thermostat dulu kayaknya sampe beli thermostat baru. Sebenernya disarankan supaya sgera diganti, bukan di bypass. Karena thermostat ini kerjanya tertutup saat mesin masih dingin dan akan terbuka saat mesin sudah di suhu kerja normal. fungsinya adalah, agar kinerja mesin cepat optimalnya.. kalau di bypass, suhu kerja normal mesin akan lebih lama dicapainya, dan bensin akan semakin boros.

Setelah di copot, dan di start, mobilnya tidak menunjukan kejanggalan, hanya mencapai suhu kerja mein aja yang lebih lama.

Oh iya, setelah ini langsung ke bengkel untuk ganti oli mesin, karena mesin ini pernah overheat, dan dikhawatirkan olinya sudah nggak bagus karena suhu yang sangat panas.

 

Segitu aja dulu sharing pengalaman mengganti waterpump Mercedes-benz-w123 atau mercy tiger dengan mesin M110 .. semoga bermanfaat buat yang baca ya…

 

sharing is caring

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Flexible mini Grinder Putus, ada solusinya..

Punya Mini Grinder dengan flexible hose? buat yang sering utak atik atau nukang, mini grinder ini sangat membantu, bisa di...

Close